DINAS SUMBER DAYA AIR 
CIPTA KARYA DAN TATA RUANG

TUPOKSI SEKRETARIAT

Sekretariat

 

(1)      Sekretariat Dinas mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam penyelenggaraan urasan Pemerintahan di bidang urusan Umum, Keuangan dan Program.

(2)      Sekretariat Dinas, menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyelenggaraan Pengkoordinasian penyusunan dan pelaporan Dinas;
    1. Penyelenggaraan Pengkoordinasian dengan kepala bidang terkait untuk penyusunan konsep perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang;
    2. Penyelenggaraan Pengkoordinasian dan penyampaian DPA dan RKA Dinas;
    3. Penyelenggaraan Penyusunan program urusan umum, keuangan, kepegawaian, hukum dan organisasi Dinas;
    4. Penyelenggaraan Perencanaan kebutuhan barang unit dan kebutuhan administratif dinas serta penyempurnaan manajemen administrasi sesuai ketentuan dan standard yang ditetapkan;
    5. Penyelenggaraan Perencanaan, pengelolaan dan peningkatan pendayagunaan pegawai, sesuai ketentuan dan standard yang ditetapkan;
    6. Penyelenggaraan Perencanaan, pengelolaan dan pengurusan pertanggung jawaban keuangan Dinas, sesuai ketentuan dan standard yang ditetapkan;
  2. Penyelenggaraan Perencanaan, pengelolaan dan pengurusan pertanggung jawaban aset Dinas, sesuai ketentuan dan standard yang ditetapkan.

(3)      Sekretaris Dinas, mempunyai uraian tugas:

  1. Menyelenggarakan pembinaan, bimbingan dan arahan kepada pegawai pada lingkup Sekretariat;
    1. Menyelenggarakan penyusunan koordinasi perencanaan dan program kerja Sekretariat, Bidang-bidang dan Unit Pelaksana Teknis Dinas;
    2. Menyelenggarakan pengkajian dan koordinasi perencanaan dan program Dinas;
    3. Menyelenggarakan pengkajian perencanaan dan program kesekretariatan;
    4. Menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan;
    5. Menyelenggarakan pengkajian anggaran belanja;
    6. Menyelenggarakan pengendalian administrasi anggaran belanja;
    7. Menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan;
    8. Menyelenggarakan pengkoordinasian penyusunan rencana strategis, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), LKPJ dan LPPD Dinas;
    9. Menyelenggarakan penatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan;
    10. Menyelenggarakan koordinasian dengan Unit Kerja Terkait;
    11. Menyelenggarakan dan mengatur rapat-rapat internal Dinas dan Eksternal Dinas;
    12. Menyelenggarakan tugas lain, yang diberikan Kepala Dinas, sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  2. Menyelenggarakan penyusunan laporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya, sesuai standar yang ditetapkan.

(4)      Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), (2) dan (3), Sekretaris Dinas dibantu:

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Sub Bagian Keuangan;
  3. Sub Bagian Program, Akuntabilitasi dan Informasi Publik.