DINAS SUMBER DAYA AIR 
CIPTA KARYA DAN TATA RUANG

Program Kerja Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam penyelenggaraan urasan  Pemerintahan  di  bidang  urusan umum, keuangan dan program.

(1) Sekretariat  menyelenggarakan fungsi :

a.   penyelenggaraan    pengkoordinasian    penyusunan    dan pelaporan Dinas;

b.  penyelenggaraan pengkoordinasian dengan Kepala Bidang terkait untuk penyusunan konsep perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang;

c.   penyelenggaraan   pengkoordinasian   dan   penyampaian Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Dinas;

d.  penyelenggaraan penyusunan program urusan umum, keuangan, kepegawaian, hukum dan organisasi Dinas;

e.  penyelenggaraan perencanaan kebutuhan barang unit dan kebutuhan administratif   dinas   serta   penyempurnaan manajemen administrasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

f.   penyelenggaraan      perencanaan,      pengelolaan      dan peningkatan pendayagunaan pegawai, sesuai ketentuan dan standar  yang ditetapkan;

g.  penyelenggaraan      perencanaan,      pengelolaan      dan pengurusan pertanggungjawaban keuangan Dinas, sesuai ketentuan dan standar  yang ditetapkan;

h.  penyelenggaraan     perencanaan,     pengelolaan     dan pengurusan pertanggungjawaban   aset   Dinas,   sesuai ketentuan dan standar  yang ditetapkan.

 

(2) Sekretaris mempunyai uraian tugas :

a.  menyelenggarakan  pembinaan,  bimbingan  dan  arahan kepada pegawai pada lingkup Sekretariat;

b.  menyelenggarakan  penyusunan  koordinasi  perencanaan dan program kerja Sekretariat, bidang-bidang dan Unit Pelaksana Teknis Dinas;

c.  menyelenggarakan       pengkajian       dan       koordinasi perencanaan dan program Dinas;

d.  menyelenggarakan pengkajian perencanaan dan program kesekretariatan;

e.  menyelenggarakan      pengelolaan      dan      pembinaan administrasi keuangan;

f.   menyelenggarakan pengkajian anggaran belanja;

g.  menyelenggarakan  pengendalian  administrasi  anggaran belanja;

h. menyelenggarakan     pengelolaan     dan     pembinaan administrasi keuangan;

i.   menyelenggarakan pengkoordinasian penyusunan rencana strategis, Laporan  Akuntabilitas     Kinerja     Instansi Pemerintah  (LAKIP),  Laporan  Keterangan Pertanggungjawaban     

    (LKPJ),  dan  Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Dinas;

j.   menyelenggarakan   penatausahaan,   kelembagaan   dan ketatalaksanaan;

k.  menyelenggarakan  pengelolaan  dan  pembinaan  naskah Dinas, kearsipan, pertelekomunikasian dan persandian;

l.   menyelenggarakan fasilitasi pelayan umum dan pelayanan minimal;

m. menyelenggarakan  pengadaan,  pemeliharaan,  penataan, pembinaan dan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan/peralatan kantor;

n.  menyelenggarakan perencanaan dan pengolahan Produk Hukum Dinas dan Tatalaksana Dinas, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;

o.  menyelenggarakan pemberian advokasi hukum dinas;

p. menyelenggarakan     perencanaan,     pengkoordinasian penyusunan proses pengadaan barang dan jasa serta pembuatan laporan;

q.   menyelenggarakan  administrasi  kepegawaian  di  bidang kesejahteraan, kepangkatan, berkala, ijin belajar, cuti, monitoring dan mutasi internal pegawai;

r.   menyelenggarakan     penyusunan     bahan     rancangan pendokumentasian ketentuan peraturan perundang- undangan, pengelolaan  perpustakaan, keprotokolan dan hubungan masyarakat;

s.   menyelenggarakan  fasilitasi  dan  pengaturan  keamanan kantor;

t.   menyelenggarakan    pengkoordinasian    dan    pembinaan jabatan fungsional;

u.  menyelenggarakan pengkoordinasian pelaporan, evaluasi, monitoring atas kegiatan bidang-bidang lingkup Dinas dan Unit Pelaksanaan Teknis;

v.   menyelenggarakan     telaahan     staf     sebagai     bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;

w.  menyelenggarakan koordinasi  dengan Unit Kerja Terkait;

x.  menyelenggarakan  dan  mengatur  rapat-rapat  Internal Dinas dan Eksternal Dinas;

y.  menyelenggarakan  tugas  lain,  yang  diberikan  Kepala Dinas, sesuai dengan tugas dan fungsinya;

z.   menyelenggarakan        penyusunan        laporan        dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya, sesuai standar yang ditetapkan.

(3) Untuk   melaksanakan   tugas,   fungsi   dan   uraian   tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2) dan ayat (3), Sekretaris dibantu :

 a.  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

 b. Sub Bagian Keuangan;

 c.  Sub Bagian Program, Akuntabilitas dan Informasi Publik.