..:: DINAS SUMBER DAYA AIR, CIPTA KARYA DAN TATA RUANG PROVINSI SUMATERA UTARA ::..

Switch to desktop Register Login

Kegiatan Penguatan Kapasitas Komisi Irigasi Di Hotel Horison Siantar

 

Pematang siantar, Komisi Irigasi mengadakan kegiatan Whorshop bertajuk Penguatan Kapasitas Komisi Irigasi, tanggal 23 s/d 25 Oktober 2019 di Hotel Horison Siantar.

Pada acara ini dibuka oleh Ketua Harian Komisi Irigasi Bapak Alfi Syahriza ST. M.Eng. Sc sekaligus Kepala Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya Dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara. Dan hadir juga Kepala UPT Pengelolaan Irigasi Bah Bolon.

Dalam acara ini kata sambutan Ketua Komisi Irigasi yang disampaikan Ketua Harian Komisi irigasi, Program Pengembangan Dan Pengelolaan Sistem Irigasi Partisipatif (PPSIP) merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk mewujudkan keberlanjutan sistem irigasi. PPSIP dilaksanakan dengan prinsip satu sistem irigasi satu kesatuan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi yang dilaksanakan secara partisipatif. Sebagai satu kesatuan, sistem irigasi melibatkan banyak unsur, diantaranya pemerintah daerah, petani pemakai air (p3a/gp3a/ip3a), kelompok tani (poktan/gapoktan) dan pengguna jaringan irigasi lainnya. Kolaborasi dari unsur-unsur tersebut perlu dibangun dengan baik agar tujuan akhir sistem bisa tercapai. Oleh karena itu, diperlukan kehadiran komisi irigasi sebagai lembaga koordinasi dan komunikasi dalam implementasi kebijakan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi partisipatif. Komisi irigasi merupakan bagian dari proses untuk pemberdayaan dan penguatan kapasitas kelembagaan pengelolaan irigasi.

Komisi Irigasi adalah satu organisasi yang dibentuk oleh gubernur untuk Komisi Irigasi di tingkat provinsi atau oleh bupati/walikota untuk komisi irigasi di tingkat kabupaten/kota yang berfungsi sebagai wadahkoordinasiuntuk  membantu gubernur atau bupati/walikota dalam merumuskan kebijakan di bidang irigasi untuk daerah irigasi pada masing-masing wilayah kewenangan yang semuanya telah diatur didalam peraturan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat nomor : 17/prt/m/2015 tentang komisi irigasi.

Sebagai koordinator dari berbagai unsur, kapasitas dari komisi irigasi sendiri perlu diperkuat dan dijaga keberlanjutannya. Salah satunya dengan cara pemantauan dan evaluasi kinerjanya. Pemantauan dan penilaian kinerja perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana tugas pokok dan fungsinya berjalan sesuai ketentuan agar tetap berada dalam koridor menuju capaian akhir program yang telah ditetapkan.

Copyright © 2020 Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara. All Rights Reserved

Top Desktop version