..:: DINAS SUMBER DAYA AIR, CIPTA KARYA DAN TATA RUANG PROVINSI SUMATERA UTARA ::..

Switch to desktop Register Login

DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR PROVINSI SUMATERA UTARA

KEPALA DINAS

 

TUGAS, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

Bagian Kesatu

Dinas

Pasal 2

1. Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah/kewenangan provinsi dibidang

a. Rancang Bangun,

b. Pembangunan dan  Rehabilitasi,

c. Operasi dan Pemeliharaan,

d. Bina Manfaat

e. Serta Tugas Pembantuan dan Dekonsebtrasi;

2. Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air menyelenggarakan fungsi:

a. Perumusan Kebijakan teknis dibidang rancang bangun, pembangunan dan rehabilitasi, operasi  pemeliharaan serta pemanfaatan pengelolaan sumber daya air;

b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang rancang bangun, pembangunan dan rehabilitasi, operasi dan pemeliharaan serta pemanfaatan pengelolaan sumber daya air;

c. Pelaksanaan pemberian perijinan di bidang pengelolaan sumber daya air;

d. Pembinaan dan pelaksanaan tuga di bidang pengelolaan sumber daya air;

e. Pelaksanaan tugas pembantuan di bidang sumber daya air;

f. Pelaksanaan pelayanan administrasi internal dan eksternal;

g. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai dengan tugas dan funsinya.

3. Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air mempunyai Uraian tugas:

a. Menyelenggarakan pembinaan, bimbingan, arahan dan penetapan disiplin pegawai di Lingkungan Dinas;

b. Menyelenggarakan penetapan rencana kegiatan dan program lingkup dinas

c. Menyelenggarakan instruksi Pelaksanaan Tugas Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya;

d. Denyelenggarakan pengawasan aktifitas pada dinas;

f. Menyelenggarakan pembinaan , sinkronisasi, pengendalian tugas dan fungsi dinas;

g. Menyelenggarakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program kerja dan rencanan kegiatan dinas, sesuai program pembangunan nasional dan pembangunan daerah;

h. Menyelenggarakan penetapan pengkajian dan menetapkan pemberian dukungan dengan kebijakan umum dan kebijakan Pemerintah daerah;

i. Mnyelenggarakan penetapan pengkajian dan menetapkan pemberian dukungan tugas atas penyelenggaraan pemerintah daerah di bidang pengelolaan sumber daya air;

j. Menyelengarakan fasilitas penyelenggaraan program rancang bangun, pembangunan dan rehabilitasi, operasi dan pemeliharaan dan bina manfaat sumber daya air;

k. Menyelenggarakan pemberian saran pertimbangan dan rekomendasi mengenai pengelolaan sumber daya air dalam penetapan kebijakan umum pemerintah daerah;

l. Menyelenggarakan telaahan staf sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan;

m. Menyelenggarakan koordinasi dan kerjasama dengan instans/lembaga terkait lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan dinas;

n. Menyelenggarakan pengkoordinasian penyusunan tugas-tugas teknis, evaluasi dan pelaporan dibidang kesekretariatan rancang bangun, pembangunan dan rehabilitasi, operasi dan pemeliharaan serta bina manfaat sumber daya air;

o. Menyelenggarakan koordinasi kegiatan teknis dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang pengelolaan sumber daya air;

p. Menyelenggarakan koordinasi dengan dinas/lembaga pengelolaan sumber daya air lintas Kab/Kota;

q. Menyelenggarakan pembinaan dan pengendalian Unit Pelaksana Teknis Dinas;

r. Menyelenggarakan kooordinasi dengan unit kerja lain, sesuai dengan bidang dan fungsinya;

s. Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan Gubernur melalui Sekretaris Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya;

t. Menyelenggarakan penetapan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan standar yang ditetapkan;

4. Uuntuk membantu tugas, fungsi dan uraian tugas sebgaimana dimaksud pada ayat (1), (2), dan (3) kepala dinas dibantu :

a. Sekretariat;

b. Bidang Rancang Bangun;

c. Bidang Pembangunan dab Rehabilitasi;

d. Bidang Operasi dan Pemeliharaan;

f. Bidang Bina Manfaat;

g. Unit Pelaksana Teknis Dinas;

h. Kelompok Jabatan fungsional;

5. Sekretariat dan bidang pada dinas dipimpin oleh Sekretaris dan Kepala Bidang.

Last Updated on Tuesday, 29 October 2019 09:55

Hits: 169

Kepala Bidang Tata Ruang

TUGAS, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

Bagian Keempat

Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi

Pasal 7

(1) Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam penyelenggaraan urusan pemerintah dibidang perumusan kebijakan dan strategi pembinaan dan pengendalian, evaluasi pelaksanaan konstruksi pada bidang Irigasi, Rawa, Pantai, Sungai, Danau, Waduk dan sumber-sumber air lainnya ditingkat Provinsi.

(2) Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi menyelenggarakan fungsi :

a. penyelengaraan penyusunan kebijakan dan strategi dibidang pembangunan dan Rehabilitasi bidang Irigasi, Rawa, Pantai, Sungai, Danau, Waduk dan sumber-sumber air lainnya sesuai standar yang ditetapkan;

b. penyelenggaraan penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan kewenangan Daerah Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang Pembangunan dan Rehabilitasi bidang Irigasi, Rawa, Pantai, Sungai, Danau, Waduk dan sumber-sumber air lainnya, dan Sosialisai, evaluasi serta pengendalian atas pelaksanaan sesuai standar yang ditetapkan;

c. penyelenggaraan pelaksanaan, pengkordinasian dan pengendalian rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan Pembangunan dan Rehabilitasi di bidang Irigasi, Rawa, Pantai, Sungai, Danau, Waduk dan sumber-sumber air lainnya sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

d. Penyelenggaraan pelaksanaan pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pembuatan laporan kegiatan Pembangunan dan Rehabilitasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

e. penyelenggaraan pembinaan pegawai pada lingkup bidangnya;

f. penyelenggaraan arahan, bimbingan kepada Pejabat Struktural pada lingkup bidangnya;

g. penyelenggaraan pelaporan dan pertangggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Kepala Dinas sesuai standar yang ditetapkan;

h. pelaksanaan tuga lain yang diberikaan oleh Kepala Dinas sesuai bidangnya;

(3) Kepala Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi mempunyai uraian tugas :

a. menyelenggarakan penyusunan standar kewenangan daerah Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang pembangunan dan rehabilitasi Irigasi, Rawa, Pantai, Sungai, Danau, Waduk dan sumber-sumber air lainnya;

b. menyelenggarakan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan di bidang Pembangunan dan Rehabilitasi di bidang Irigasi, Rawa, Pantai, Sungai, Danau, Waduk dan sumber-sumber air lainnya;

c. menyelenggarakan  sosialisasi, evaluasi dan pengendalian atas penerapan standar pelaksanaan kewenangan Kab/Kota bidang Pembangunan dan Rehabilitasi di bidang Irigasi, Rawa, Pantai, Sungai, Danau, Waduk dan sumber-sumber air lainnya sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

d. menyelengarakan pembinaan, pengendalian dan monitoring serta evaluasi kegiatan Pembangunan dan Rehabilitasi di bidang Irigasi, Rawa, Pantai, Sungai, Danau, Waduk dan sumber-sumber air lainnya sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

e. menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan dalam kegiatan pembangunan dan rehabilitasi;

f. menyelenggarakan koordinasi dengan bidang-bidang lain;

g. menyelenggarakan dan mengatur rapat-rapat internal yang menyangkut bidang tugas Pembangunan dan Rehabilitasi;

h. menyelenggarakan pelaporan laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) dan laporan bulanan/semester dan tahunan;

i. menyelenggarakan tugas-tugas lain sesuai tugas dan fungsinya;

(4) Kepala Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi dibantu oleh :

a. Seksi Irigasi;l

b. Seksi rawa dan pantai;

c. Seksi sungai, danau dan waduk.

(5) Seksi pada bidang Pembangunan dan Rehabilitasi dipimpin oleh Kepala Seksi.

 

Pasal 8

(1) Kepala Seksi Irigasi mempunyai uraian tugas :

a. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan data untuk penyempurnaan dan penyusunan standar kewenangan daerah, Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang Pembangunan dan Rehabilitasi Irigasi.

b. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan/data untuk menyusun rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan dibidang Pembangunan dan Rehabilitasi Irigasi

c. melaksanakan sosialisasi, evaluasi dan pengendalian atas penerapan standar pelaksanaan kewenangan Kab/Kota bidang Pembangunan dan Rehabilitasi Irigasi sesuai standar yang ditetapkan;

d. Melaksanakan pembinaan, pengendalian dan monitoring serta evaluasi kegiatan Pembangunan dan Rehabilitasi Irigasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetaokan;

e. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi sesuai bidang tugasnya;

f. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepaa Kepala Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi sesuai standar yang ditetapkan.

(2) Kepala Seksi Rawa dan Pantai mempunyai uraian tugas :

a. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan data untuk penyempurnaan dan penyusunan standar kewenangan daerah, Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang Pembangunan dan Rehabilitasi Rawa dan Pantai;

b. melaksanakan melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan/data untuk menyusun rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan dibidang Pembangunan dan Rehabilitasi Rawa dan Pantai;

c. melaksanakan sosialisasi, evaluasi dan pengendalian atas penerapan standar pelaksanaan kewenangan Kab/Kota bidang Pembangunan dan Rehabilitasi Rawa dan Pantai sesuai standar yang ditetapkan;

d. Melaksanakan pembinana, pengendalian dan monitoring serta evaluasi kegiatan Pembangunan dan Rehabilitasi Rawa dan Pantai sesuai ketentuan dan standar yang ditetaokan;

e. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi sesuai bidang tugasnya;

f. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepaa Kepala Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi sesuai standar yang ditetapkan.

(3) Kepala Seksi Sungai, Danau dan Waduk mempunyai uraian tugas :

a. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan data untuk penyempurnaan dan penyusunan standar kewenangan daerah, Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang Pembangunan dan Rehabilitasi Kepala Seksi Sungai, Danau dan Waduk;

b. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan/data untuk menyusun rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan dibidang Pembangunan dan Rehabilitasi Kepala Seksi Sungai, Danau dan Waduk;

c. melaksanakan sosialisasi, evaluasi dan pengendalian atas penerapan standar pelaksanaan kewenangan Kab/Kota bidang Pembangunan dan Rehabilitasi Kepala Seksi Sungai, Danau dan Waduk sesuai standar yang ditetapkan;

d. Melaksanakan pembinana, pengendalian dan monitoring serta evaluasi kegiatan Pembangunan dan Rehabilitasi Kepala Seksi Sungai, Danau dan Waduk sesuai ketentuan dan standar yang ditetaokan;

e. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi sesuai bidang tugasnya;

f. Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi sesuai standart yang ditetapkan

Last Updated on Tuesday, 29 October 2019 10:10

Hits: 199

Kepala Bidang Rancang Bangun

 TUGAS, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

Bagian Ketiga

Bidang Rancang Bangun

Pasal 5

(1) Bidang Rancang Bangun mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Tata Teknik dan Pengelolaan data, pengkajian dan pemberdayaan.

(2) Bidang Rancang Bangun menyelenggarakan Fungsi :

a. penyelenggaraan pembimbingan, arahan dan penegakan disiplin pegawai pada lingkup Bidang rancang bangun.

b. penyelenggaraan penyusunan dan penyempunaan standar pelaksanaan kewenangan Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas Dinas di bidang pola perencanaan tata teknis (rancang bangun), Hidrologi dan pengolahan data, pengkajian dan peningkatan pemberdayaan (capacity building) dalam pengelolaan sumber daya air;

c. penyelenggaraan pengumpulan dan pengolahan data/bahan sumber daya air dan peningkatan manajemen sistem informasi sumber daya air;

d. penyelenggaraan pengkajian dan penelitian teknis dalam bidang pengelolaan sumber daya air sesuai standar yang ditetapkan;

e. penyelenggaraan pelaksanaan program peningkatan pemberdayaan ( capacity building) dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemampuan teknis sumber daya air sesuai standar yang ditetapkan;

f. penyelenggaraan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya;

g. penyelenggaraan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Kepala Dinas sesuai standar yang ditetapkan.

(3) Kepala Bidang Rancang Bangun mempunyai uraian tugas:

a. menyelenggarakan pembinaan, bimbingan, arahan dan penegakan disiplin pada pegawai lingkup rancang bangun sesuai ketentuan yang ditetapkan;

b. menyelenggarakan penyusunan, pengolahan, dan pengkajian bahan/data dalam penetapan tata teknik, hidrologi dan pemberdayaan sumber daya air;

c. menyelenggarakan perencanaan dan program kegiatan di bidang Rancang Bangun sesuai standar yang ditetapkan;

d. menyelenggarakan penyiapan standar, norma-norma dan kriteria-kriteria dalam bidang tata teknik, hidrologi, dan data, pengkajian dan peningkatan pemberdayaan sumber daya air;

e. menyelengarakan penyiapan penetapan rencana pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai Kab/Kota sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

f. menyelenggarakan penetapan pola pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai lintas Kab/Kota;

g. menyelenggarakan pemberdayaan para pemilik kepentingan dalam pengelolaan sumber daya air tingkat provinsi, Kab/Kota;

h. menyelenggarakan studi, survey, pengkajian dan desain dalam pengelolaan sumber daya air;

i. menyelenggarakan sosialisai, evaluasi, dan pengendalian atas penerapan standar penerapan teknis sumber daya air pada Kab/Kota sesuai standar yang ditetapkan;

j. menyelenggarakan pembinaan inventarisasi hidrologi dan sistem informasi sumber daya air;

k. menyelenggarakan pembinaan pemberdayaan kelembagaan sumber daya air tingkat provinsi, Kab/Kota;

l. menyelenggarakan bantuan teknis pengelolaan sumber daya air kepada Kab/Kota sesuai peraturan perundang-undangan;

m. menyelenggarakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya;

n. menyelenggarakan penyusunan laporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya sesuai standar yang ditetapkan.

(4) untuk membantu melaksanakan tugas, fungsi dan uraian tugas sebagaimana dimaksud ayat (1), (2), dan ayat (3) Kepala Bidang Rancang Bangun dibantu oleh:

a. Seksi Tata Teknik;

b. Seksi Hidrologi dan Pengolahan Data;

c. Seksi Pengkajian dan Pemberdayaan.

(5) Seksi Pada Bidang Rancang Bangun dipimpin oleh Kepala Seksi.

 

Pasal 6

(1) Kepala Seksi Tata Teknik mempunyai urain tugas :

a. Melaksanakan pembinaan, bimbingan dan arahan kepada pegawai pada lingkup Seksi Tata Teknik.

b. Melaksanakan penyusunan kebijakan, pola pengelolaan, rencana pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai lintas Kab/Kota;

c. Melaksanakan pengumpilan dan pengolahan bahan/data untuk penyempurnaan dan penyusunan standar, norma-norma dan kriteria di bidang Tata Teknik;

d. Melaksanakan penyajian bahan/data untuk penyusunan rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan di bidang pengembangan dan peningkatan tata teknik sesuai standar yang ditetapkan;

e. Melaksanakan penyusunan pelaksanaan pembinaan sosialisasi dan monitoring penyelenggaraan rencana rancang bangun pada daerah Kab/Kota sesuai standar yang ditetapkan;

f. Melaksanakan penyusunan penetapan kebijakan pengelolaan sumber daya air, sesuai standar yang ditetapkan;

g. Melaksanakan penyusunan penetapan pola pengelolaan sumber daya air, wilayah sungai lintas Kab/Kota sesuai peraturan perundang-undangan;

h. Melaksanakan pengembangan dasar perencanaan kegiatn tata teknik sistem informasi manajemen pengelolaan sumber daya air sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

i. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Rancang Bangun, sesuai bidang tugasnya;

j. Melaksanakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang Rancang Bangun sesuai standar yang ditetapkan.

(2) Kepala Seksi Hidrologi dan Pengolahan data mempunyai tugas :

a. melaksanakan kegiatan sistem informasi sumber daya air tingkat provinsi;

b. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan data untuk penyempurnaan dan penyusunan standar kewenangan daerah, Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang hidrologi dan Pengolahan Data sesuai standar ynag ditetapkan;

c. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan data untuk penyusunan rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan dibidang pengembangan dan peningkatan Hidrologi dan Pengolahan data sesuai standar yang ditetapkan;

d. melaksanakan sosialisasi, evalusai, dan pengendalian atas penerapan standar pelaksanaan kewenangan Kab/Kota bidang Hidrologi dan Pengolahan Data sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

e. melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengawasan dan inventarisasi kegiatan hidrologi;

f. melaksanakan pembinaan dan kegiatan pemeliharaan rehabilitasi dan pembangunan sarana dan prasarana hidrologi;

g. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Rancang Bangun sesuai bidang tugasnya;

h. melaksanakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepal Bidang Rancang Bangun sesuai standar yang ditetapkan;

(3) Kepala Seksi Pengkajian dan Pemberdayaan mempunyai uraian tugas :

a. melaksanakan penyusunan program bantuan teknis dan pengelolaan sumber daya air kepada Kab/Kota;

b. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan data untuk penyempurnaan dan penyusunan standar kewenangan daerah, Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang pengkajian dan pemberdayaan rancang bangun;

c. melaksanakan melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan/data untuk menyusun rencana pembangunan jangka mengengah dan tahunan dibidang pengembangan serta peningkatan pengkajian dan pemberdayaan rancang bangun dalam bidang sumber daya air sesuai standar yang ditetapkan;

d. melaksanakan sosialisasi, evaluasi dan pengendalian atas penerapan standar pelaksanaan kewenangan Kab/Kota bidang pengkajian dan pemberdayaan rancang bangun sesuai standar yang ditetapkan;

e. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Rancang Bangun sesuai bidang tugasnya;

f. melaksanakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang Rancang Bangun sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

Last Updated on Tuesday, 29 October 2019 09:56

Hits: 257

Kepala Bidang Cipta Karya

 TUGAS, FUNGSI DAN URAIAN TUGAS

Bagian Kelima

Bidang Operasi dan Pemeliharaan

Pasal 9

(1) Bidang Operasi dan Pemeliharaan mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam penyelenggaraan urusan pemerintah di bidang Operasi dan Pemeliharaan sumber daya air serta penanggulangan Bencana Alam ditingkat Provinsi;

(2) Bidang Operasi dan Pemeliharan menyelenggarakan Fungsi :

a. penyelenggaraan penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan kewenangan Daerah Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang Operasi dan Pemeliharaan serta penanggulangan dan Penanganan Bencana alam yang menyangkut sumber daya air sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

b. penyelenggaran sosialisasi, evaluasi dan pengendalian serta pelaporan bidang Operasi dan Pemeliharaan sesuai standar yang ditetapkan;

c. penyelenggaraan pengkordinasian dan pengendalian rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan dibidang Operasi dan Pemeliharaan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

d. penyelenggaraan pembinaan pegawai pada lingkup bidangnya;

e. penyelenggaraan arahan, bimbingan kepada Pejabat Struktural pada lingkup bidangnya;

f. penyelenggaraan pelaporan dan pertangggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Kepala Dinas sesuai standar yang ditetapkan;

g. pelaksanaan tugas lain yang diberikaan oleh Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya;

(3) Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan mempunyai uraian tugas :

a. menyelenggarakan penyusunan standar kewenangan daerah Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang Operasi dan Pemeliharaan serta penanggulangan dan Penanganan Bencana alam bidang sumber daya air sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

b. menyelenggarakan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan, pengembangan dan peningkatan operasi dan pemeliharaan serta fasilitas bencana alam dibidang sumber daya air sesuai dengan ketentuan dan standar yang ditetapkan;

c. menyelenggarakan  sosialisasi, evaluasi dan pengendalian atas penerapan standar pelaksanaan kewenangan Kab/Kota bidang Operasi dan Pemeliharaan serta penanggulangan dan Penanganan Bencana alam sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

d. menyelenggarakan penanganan dan pengadaan kegiatan operasi dan pemeliharaan dan penelitian serta bencana alam dalam rangka efisiensi dan efektivitas pemanfaatan air sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

e. menyelenggarakan pembinaan, pengawasan dan pengadaan kegiatan penanggulangan bencana alam dibidang sumber daya air akibat bencana alam sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

f. menyelenggarakan telaahan staf sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan;

g. menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(4) Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan dibantu oleh :

a. Seksi Operasi;

b. Seksi Pemeliharaan;

c. Seksi Fasilitas Bencana Alam.

(5) Seksi Pada Bidang Operasi dan Pemeliharaan dipimpin oleh Kepala Seksi.

 

Pasal 10

(1) Kepala Seksi Operasi mempunyai uraian tugas :

a. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan data untuk penyempurnaan dan penyusunan standar kewenangan daerah, Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang operasi dalam bidang sumber daya air sesuai standar yang ditetapkan;

b. melaksanakan  pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan/data untuk menyusun rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan, pengembangan dan peningkatan operasi di  bidang operasi dalam bidang sumber daya air sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

c. melaksanakan sosialisasi, evaluasi dan pengendalian serta pelaporan bidang operasi sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

d. melaksanakan pengawasan dan pengendalian kegiatan operasi dan penelitian dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan air, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

e. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, sesuai bidang tugasnya;

f. melaksanakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, sesuai standar yang ditetapkan.

(2) Kepala Seksi Pemeliharaan mempunyai uraian tugas :

a. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan data untuk penyempurnaan dan penyusunan standar kewenangan daerah, Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang pemeliharaan sumber daya air sesuai standar yang ditetapkan;

b. melaksanakan  pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan/data untuk menyusun rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan, pengembangan dan peningkatan pemeliharaan dibidang sumber daya air sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

c. melaksanakan sosialisasi, evaluasi dan pengendalian serta pelaporan bidang pemeliharaan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

d. melaksanakan pengawasan dan pengendalian kegiatan pemeliharaan dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan air, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

e. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, sesuai bidang tugasnya;

f. melaksanakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, sesuai standar yang ditetapkan.

(3) Kepala Seksi Fasilitas Bencana Alam mempunyai uraian tugas :

a. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan data untuk penyempurnaan dan penyusunan standar kewenangan daerah, Kab/Kota dan standar pelaksanaan tugas-tugas dinas dalam bidang penanggulangan dan penanganan bencana alam sesuai standar yang ditetapkan;

b. melaksanakan  pengumpulan, pengolahan dan penyajian bahan/data untuk menyusun rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan, pengembangan dan peningkatan fasilitas bencana alam dibidang sumber daya air sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

c. melaksanakan sosialisasi, evaluasi dan pengendalian serta pelaporan akibat bencana alam sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

d. melaksanakan pengawasan dan pengendalian kegiatan penanggulangan bencana alam dibidang sumber daya air serta inventarisasi kondisi sarana/prasarana sumber daya air akibat bencana alam sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

e. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, sesuai bidang tugasnya;

f. melaksanakan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, sesuai standar yang ditetapkan.

Last Updated on Tuesday, 29 October 2019 10:07

Hits: 196

Copyright © 2020 Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara. All Rights Reserved

Top Desktop version